Pengertian Biogas

Pengertian Biogas

Secara ringkas pengertian biogas adalah gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik (biomass) yang telah melalui proses fermentasi oleh bakteri anaerob. Biomass tersebut dapat berupa kotoran hewan seperti sapi manusia, dan lain-lain. Karakteristik utama dari bahan baku yang dapat diolah menjadi biogas adalah adanya kandungan unsur Karbon dan Nitrogen. Perbandingan banyaknya unsur tersebutlah yang mempengaruhi kualitas dari biogas.

Residu dari pengolahan biogas ini dapat dijadikan pupuk cair organik dan pupuk kompos, sehingga dapat dikatakan bahwa pengolahan biogas tidak menghasilkan limbah sama sekali. Di dalam reaktor biomass terdapat underground digester tank yang digunakan sebagai starter media untuk fermentasi yang berkelanjutan (continue).

Komponen-kompen biogas adalah

  1. Metana (CH­4) >50%
  2. CO2
  3. H2S (maks 5ppm)
  4. NH3
  5. H2

Faktor yang mempengaruhi terbentuknya biogas ini adalah pengaruh pH, alkalinitas, dan temperatur. PH ideal untuk bakteri yang digunakan dalam pembuatan biogas ini adalah 6,5-8,0. Sedangkan temperatur optimum untuk bakteri bekerja adalah 35oC. Untuk menjaga agar temperatur konstan di dalam digester (reaktor), digester tersebut harus kontak dengan tanah agar dapat terjadi pertukaran panas (heat exchanger).

Kelebihan dari Biogas adalah

  1. Pemanfaatan kotoran yang tidak berguna menjadi sumber energi baru
  2. Mengurangi Efek Rumah Kaca, karena mengurangi metana yang akan ada di atmosfer. Walaupun pada penggunaan biogas ini menghasilkan CO2, namun metana lebih dapat memerangkap panas dibanding C02.
  3. Biaya tidak mahal

Sedangkan kekurangan dari biogas ini hanyalah mencari bahan baku yang tepat dari segi kualitas dan kuantitas, jika masalah ini dapat terpecahkan bukan tidak mungkin jika di Indonesia dapat memasak menggunakan biogas dan dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti listrik.

One Comment

  1. Your web site is really useful. Many thanks for sharing. By the way, how could we keep in touch?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>